SEJARAH MUSIK DUNIA (Bagian I)
Bagian 1: Ringkasan sejarah musik dunia dari zaman prasejarah sampai zaman pra modern.
Hollaa sobat,
Ternyata belum ada posting tentang musik di blog saya ini. Jadi yaa krasa kurang gimanaa gitu kan. Jadi, tanpa ba-bi-bu lagi saya langsung berburu info baik dari browsing juga dari buku-buku.
Jadi inget masa muda dulu, (rasanya udah jadi manusia 70 taun nih) hahaha :D
Tulisan Sejarah Musik Dunia ini saya dedikasikan untuk seluruh teman-teman serta pengunjung dimanapun berada. Semoga berkenan dan bermanfaat, dan sebelumnya saya minta maaf bila ada kesalahan mohon koreksinya. Selamat menyimak.
Let's Goooo!!!
Musik
Musik berasal dari kata muse(s) yang merupakan para dewi yang melambangkan seni dalam mitologi Yunani. Mereka dianggap sebagai sumber ilmu pengetahuan dan inspirasi seni.
Pada awalnya, versi Boeotians menyebutkan hanya ada tiga orang Muse dan mereka tinggal di Gunung Helicon, mereka adalah: Aoide (lagu), Melete (meditasi), Mneme (memori). Tetapi menurut versi yang lebih populer mengatakan bahwa mereka ada sembilan. Muses merupakan anak-anak dari Zeus dan Mnemosyne. Muse lahir setelah Zeus mengawini Mnemosyne selama sembilan hari berturut-turut, mereka lahir dan tinggal di sekitar Peiria.
Setiap muse memiliki spesialisasi masing-masing, yaitu: Calliope (puisi kepahlawanan), Klaio (sejarah), Erato (puisi cinta), Euterpe (sajak), Melpomene (tragedi), Polyhymnia (puisi suci), Terpsichore (paduan suara dan tarian), Thaleia (komedi), Urania (astronomi). Mereka biasa terlihat mengelilingi Apollo, dewa musik di Olympus.
Lukisan "The Muses Urania and Calliope" Karya Pelukis Simon Vouet |
Mungkin Calliope adalah yang paling terkenal diantara sembilan muses tersebut. Bukan hanya karena Calliope merupakan kakak sulung perempuan, namun karena dia juga yang melahirkan dua musisi hebat, yaitu Orpheus dan Linus, salah satu dari mereka dinamakan Oeagus anak Pierus oleh Apollo atau raja Thracian.
Perkembangan Musik
Musik telah mengalami perjalanan yang sangat panjang. Pada awalnya musik merupkan media penyembahan kepada dewa-dewa. Namun seiring perkembangan zaman, maka definisi musik juga mengalami perkembangan yang bermacam-macam, tergantung dari sejarah, budaya serta tempat tinggal individu tersebut. Dalam tulisan ini, saya membagi sejarah musik dunia menjadi 10 bagian, yaitu :
1. Zaman Purbakala
2. Bangsa Asia dan Timur
3. Yunani Kuno
4. Zaman Abad Pertengahan
5. Musik Beberapa Suara
6. Zaman Renaissance
7. Zaman Barok dan Rokoko
8. Zaman Classic
9. Zaman Romantik
10. Peralihan Menuju Zaman Modern
Nah, bagian satu ini terdiri dari bab 1 sampai 3. Lalu dilanjut pada bagian 2.
Definisi Musik
Definisi musik yang berkembang hingga masa sekarang, antara lain:
•Bunyi atau kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indra pendengaran.
•Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
•Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang/kumpulan dan disajikan sebagai musik.
•Beberapa orang menganggap musik sama sekali tidak berwujud.
Definisi musik mungkin saja berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan sudut pandang, budaya, tujuan dan latar belakang yang berbeda-beda.
1. Zaman Purbakala
Sejarah musik sudah dimulai dari zaman purbakala, meskipun kita tidak memiliki sumber informasi yang cukup. Pada zaman purbakala atau lazim juga disebut musik primitif ini musik tidak memiliki tujuan tersendiri, seperti yang terjadi di Amerika dan Afrika. Fungsinya hanyalah sebagai alat saja, media atau bahan dalam ritual magis mereka.
Flute Purbakala Dari Tulang |
Magis pada musik itu mereka tinjau dari tiga segi, yaitu:
•Segi irama, tekanan-tekanan diberi dengan genderang atau bongo.
•Segi pengulangan beberapa kali, menurut aturan yang berlaku dapat diketahui beberapa kali pengulangan diperbolehkan.
•Segi permainan sebagaimana semestinya, cara-cara diatur dan dikhususkan untuk fungsi magis.
Ketiga sifat ini terkandung dalam nyanyian dan tari mereka yang dilakukan dengan cermat. Beberapa tarian padri di pulau Nias, Bali, Afrika atau Amerika membuktikan hal ini.
Musik primitif nantinya akan diikuti oleh musik kuno yang tersebar di sebagian besar Eropa pada 1500 SM dan kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia, meskipun di beberapa belahan dunia sudah memiliki musik sendiri.
Perkembangan tersebut juga dipengaruhi oleh adanya sosialisasi yang terjadi pada suatu daerah dengan daerah lain, penerimaan masyarakat terhadap musik tertentu, dominasi peradaban dan kekuasaan kelompok-kelompok masyarakat/suku tertentu yang mempengaruhi perjalanan bentuk dan aliran musik tersebut.
Pembahasan mengenai sejarah musik pada zaman pra sejarah akan saya bahas tersendiri pada posting berikutnya.
2. Bangsa Asia dan Timur
Pahatan Dari Dinasti Tang (618-907 SM) Menggambarkan Para Pelayan Yang Sedang Memainkan Musik (Photo by China Photos/Getty Images) |
Tiongkok
Bangsa Tiongkok memiliki catatan tentang musik dari orang-orang Tiongkok purba. Ada 482 buku karangan mereka yang masih tersimpan. Mereka menggunakan tangga nada pentatonis, yaitu tangga nada yang terdiri dari lima nada: F, G, A, C, D.
Kurang lebih tahun 1200 SM, tangga nada pentatonis tersebut ditambahkan dua nada lagi, yaitu nada B dan E. menurut teori mereka, satu oktaf dibagi atas 12 nada – hal ini sudah mereka temukan kurang-lebih sejak 2700 tahun sebelum Masehi – yang berarti lingkaran Kwin telah mereka ketahui jauh sebelum Pythagoras (550 SM).
Instrumen yang mereka gunakan adalah: king dan gitar sebagai instrumen bertali; disusul kemudian genderang dan alat-alat musik pukul.
Mesir
Tidak ada catatan peninggalan dari zaman Mesir purba. Namun dari peninggalan relief, pahatan serta hiasan dinding menunjukkan bahwa mereka sudah banyak menggunakan musik. Terdapat banyak gambaran serunai, suling serta instrumen bertali seperti lauto dan harp.
India
Napa primer orang Hindi ada 7 buah nada. Mereka membagi tangga nada mereka menjadi 22 bagian yang berbeda dalam satu oktaf. Mereka menggunakan 32 tangga nada turunan, dari tangga nada yang bermula dari A. Oleh karena itu, musik India kuno sudah lebih maju bila dibandingkan Tiongkok purba.
Ritual keagamaan merupakan satu-satunya sifat musik India. Alat musik mereka adalah alat musik petik, vina dan tambur. Para penyanyi memukul vina dan tambura sambil bernyanyi. Prinsip paduan suara primitif juga sudah mereka kenal.
Jawa, Sunda, Bali, Batak dan daerah lain di Indonesia
Gamelan Jawa adalah orkes besar dengan perkusi sebagai instrumen primernya. Prinsip ini juga nampak pada gamelan Sunda, Bali dsb.
Gamelan |
Prinsip perkusi ini juga terdapat pada gondang Batak, Nias, Karo Simelungun dan ang menyerupainya di seluruh kepulauan Sumatra atau kepulauan lain di Indonesia.
Prinsip beberapa suara dalam gondang atau gamelan terdapat dalam beberapa variasi, dimana terdapat banyak improvisasi spontan dalam batasan-batasan tertentu. Setiap pemusik memberi variasi irama dan melodi yang masuk pada tema.
Ditinjau dari segi irama dan warna musik, maka musik Bali dan Jawa telah memiliki klasifikasi dan mutu yang tinggi. Gong dan gamelan juga belakangan ini ditemukan digunakan dalam orkes tertentu di Eropa.
Arab
Interval nada pada musik Arab sudah mencapai pembagian yang halus dalam satu oktafnya. Hanya saja musik Arab tidak setua musik Hindu/India, kira-kira pada tahun 600 SM. Instrumen mereka yang banyak digunakan adalah: lauto, rebab (yang bisa disebut sebagai pendahulu violin pada masa kini), mandolin, psalterium (pendahulu piano).
Palestina
Bangsa Israel sudah lama mencintai musik dan nyanyian. Samuel, sekitar tahun 1075 SM sudah memiliki sekolah pengetahuan musik dan nyanyi, tujuannya untuk menambah kerohanian para calon pemuka agama tersebut.
Instrumen mereka waktu itu adalah: terompet, bosaun, harp dan instrumen pukul. Tulisan musik juga sudah mereka kenal, yaitu tulisan musik neginot.
3. Yunani Kuno
Alat-alat Musik Dari Jaman Yunani Kuno |
Bangsa Yunani dapat disebut bangsa pemilik musik kuno terpenting. Bangsa Yunani kuno juga terkenal dengan musik. Bangsa Yunani kuno menggunakan musik untuk keperluan ritual kepercayaan. Lima abad sebelum Masehi, musik Yunani yang tergolong etnis-religius ini bagi mereka sangat tinggi kedudukannya. Musik, puisi dan tarian berhubungan dengan erat.
Para ahli musik pada zaman itu adalah: Aischylos (525 – 456), Sophocles (496 – 406), Pythagoras (sekitar 550), Aristoteles (384 – 322) dan Aristoxenos (sekitar 325).
Sejarah Musik Dunia Bagian II (Abad Pertengahan – Zaman Barok dan Zaman Rokoko)
Alohaa sobat
ezon7 yang berbahagia, apa kabar nih?
Saya tau, sobat
sekalian yang pernah membaca posting saya tentang Sejarah Musik Dunia Bagian I
pasti sudah menunggu kemunculan bagian ke-duanya kan? Hehe
Akhirnya saya
selesaikan juga nih bagian yang ke-dua. Silahkan dibaca dan dinikmati deh. Buat
yang nyari bahan tugas/kuliah silahkan dicopy. Yang penting inget sama blog nan
jelek ini ya. Kasih back link kek, komen kek atau gimana lah biar blog ini jadi
rame gitu. Hehe
Langsung aja
nih, bagian II berisi sejarah musik dari abad pertengahan – jaman
barok
dan Rokoko yang terdiri dari:
- · Abad pertengahan
- · Musik Beberapa Suara
- · Zaman Renaissance
- · Zaman Barok dan Zaman Rokoko
4.
Abad pertengahan
Disini adalah zaman antara akhir kerajaan Roma (476) dan zaman munjulnya New Age, seperti penemuan pencetakan (1450), penemuan benuan Amerika (1492) dan masa Reformasi Keagamaan Kristen (1572)
picture:www.medievalhistories.com |
Musik dunia mengalami perubahan yang besar
pada zaman ini. Sebelum abad ini, musik hanya bersuara tunggal, namun selama
abad pertengahan bertambah menjadi beberapa suara.
- Musik Liturgi bersuara Satu
Musik Gregorian
adalah musik yang utama. Musik orang Kristen ini pertama-tama disempurnakan
pada saat pemerintahan Paus Gregorius Besar (592 – 604). Sebelumnya musik ini
telah mendapat perhatian khusus oleh Ambrosius yang wafat pada tahun 397.
penyempurnaan musik yang dilakuakan pada zaman ini adalah tentang pembaruan dan
perluasan.
Asal mula dari
musik ini berasal dari bangsa Yahudi. Banyak melodi Gregorian sama dengan
nyanyian Sinagog lama. Sebelumnya, banyak yang mengira bahwa musik Gregorian
adalah musik yang berasal dari Yunani. Puncak utama musik Gregorian adalah Mis,
yang berarti pengorbanan Isa Almasih.
Mis adalah suatu
ciptaan musik yang terbagi menjadi lima bagian, yaitu: 1.Kyrie; 2.Grloria;
3.Credo; 4.Sanktus Benediktus; 5.Agnus Dei. Kelima bagian ini diberi nama
sesuai dengan pengucapan kata pertamanya.
- Musik Sekuler Bersuara Satu
Musik
duniawi/sekuler juga berkembang pada zaman ini, khususnya nyanyian. Pada saat
itu nyanyian yang paling berkembang adalah nyanyian kepahlawanan, nyanyian
percintaan, dan nyanyian minum-minum.
Nyanyian ini
biasanya dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi keliling. Di Perancis ada Troubador
(Guillaume de Poitiers 1071 – 1127) dan Trouvere (Adam de la Halle meninggal
pada 1287). Di Jerman ada pada Minnesanger (Wather von der Vogel weide, sekitar
tahun 1225) dan sesudahnya para Meistersinger (Hans Sachs meninggal 1571).
5.
Musik Beberapa Suara
Kemungkinan besar nyanyian beberapa suara
ini berasal dari Normandia. Pada masa perantauan mereka merampok dan menyamun
di seluruh Eropa Barat, pada saat itu pula mereka menyebarkan kesenian.
Sehingga nyanyian beberapa suara ini dikenal milik Eropa Barat.
picture:www.medieval-life-and-times.info |
Organum parallel merupakan cara tertua bagi
musik ini, yaitu mengiringi melodi Gregorian pada nada kwartz bawahan dan pada
oktaf nadanya, jadi pada kwin atas.
Musik beberapa suara tersebut memiliki
beberapa perkembangan, antara lain: motet, kanon dan madrigal. Dalam motet,
dinyanyikan beberapa macam naskah kata-kata sekali nyanyi. Kanon, naskah
dinyanyikan sama seperti motet tapi insetnya sudah mulai berurutan. Pada
Madrigal, biasanya dikomposisikan bersuara empat atau lima. ezon7.blogspot.com
Komponis utama pada abad pertengahan adalah
Perluigi da Palestrina (1526 – 1594). Dia menciptakan 93 Mis, komposisinya yang
terbaik adalah yang tergolong liturgi.
6.
Zaman Renaissance
Renaissance memiliki arti lahir kembali.
Pada zaman ini manusia dianggap lahir kembali, individu melepaskan diri dari
belenggu kolektifitas dan menjadi pribadi yang mencari corak sendiri. Zaman
Reanaissance ini dimulai setelah Abad Pertengahan.
Musik mengalami perkembangan yang penting
pada zaman renaissance, yaitu: 1.Pertumbuhan musik duniawi; 2.Pertumbuhan musik
instrumental; 3.Pertumbuhan Opera; 4.Pertumbuhan musik gereja Protestan.
Pada zaman ini, perhatian terhadap musik
rohani mengalami kemerosotan. Sebaliknya, musik duniawi senantiasa berkembang.
Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan musik instrumental yang berkembang
pesat. Musik instumental sudah memiliki kelasnya tersendiri, pada zaman ini
tidak hanya berfungsi sebagai pengiring saja. Sebut saja para komponis Andrea
Gabrieli (1510 0 1586); Giovanni Gabrieli (1557 – 1612).
Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) |
Instrumen orgel mendapat perhatian besar
pada zaman ini, khususnya di Italia dan Jerman. Lain lagi di Inggris, pendahulu
piano yaitu virginal-lah yang mendapat perhatian lebih.
Para komponis penting dari zaman ini
adalah: bangsa Italia ada Frescobaldi (1583 – 1644), bangsa Jerman ada Scheidt
(1587 - 1654) dan Scheidemann (1595 – 1663), Bull berasal dari Inggris (1563 –
1628), sedangkan Sweelinck yang berasal dari Belanda (1562 – 1621).
Karena menurunnya musik kegerejaan,
orang-orang mencoba mencari penggantinya. Lalu mereka teringat pada kesenian
Yunani yang biasanya bercerita menyedihkan yaitu tragedi. Lalu dipertunjukanlah
tragedi ini dengan selingan musik, selanjutnya nyanyian yang dipakau di seluruh
pertunjukan tersebut yang dinyanyikan oleh solois dan koor besar.
Seni opera berkembang pesat di kota Florence. Para komponis yang terkenal pada zaman ini antara lain:
Galilei (1533 – 1591) dan Peri (1561 – 1633). Di Venesia ada komponis
Montoverdi (1567 – 1643) yang berhasil memajukan seni opera. Lalu ada Lully
(1632 – 1687) dari Perancis yang juga berjasa besar dalam kemajuan dunia opera.
Pada zaman reformasi Kristen yang
dipelopori Dr. Martin Luther (1483 – 1546), Luther mengadakan perubahan besar
dalam musik kegerejaan Protestan. Dalam liturgi, Luther mewajibkan lagu khotbah
gereja menggunakan bahasa rakyat sendiri.
Martin Luther by Cranach-restoration |
Luther adalah pembina koral evangelis yang
selanjutnya ada dalam ciptaan Johann Sebastian Bach untuk gereja menjadi
penting kedudukannya. Luther tidak hanya membuat lirik nyanyian, ia juga banyak
mengolah banyak lagu untuk keperluan khotbah gereja. Luther juga menggubah
lagu-lagu baru seperti Ein fester Burg ist inser Gott.
Luther senantiasa mendapat bantuan dari
sahabatnya Johann Walther (1496 – 1570) dalam pembinaan dan pembaruan musik
kegerejaan Protestan. Heinrich Schuetz (1585 – 1672), seorang ahli musik ini
juga turut membantu Martin Luther. Schuetz yang mengarang musik motet ini juga
dianggap komponis musik kegerejaan yang paling penting sebelum Johann Sebastian
Bach.
7.
Zaman Barok dan Zaman Rokoko
Pemakaian hiasan ornamentik membuat zaman
ini menjadi istimewa. Seni bangunan dan seni musik nampaknya berjalan
beriringan pada zaman ini. Orang pada zaman ini suka pada kelincahan gerak. Pada
zaman ini dinamika musik mulai mendapat perhatian lebih, seperti halnya pada
perbedaan forte dan piano.
Pemusik Pada Jaman Barok |
Perbedaan antara barok dan rokoko dalam hal
seni musik adalah karakteristiknya. Pada zaman rokoko gayanya bersifat lebih
intim dari barok, ukuran ciptaan rokoko juga biasanya lebih kecil daripada
barok.
Pada hiasan ornamentik, banyak juga
terdapat perbedaan, hiasan ornamentik tersebut diserahkan kepada pemain musik
yang memainkannya, ornamen-ornamen tersebut timbul secara spontan saat
melakukan improvisasi, di aliran rokoko semua hiasan ornamentik tersebut
dicatat, diatur dan harus sesuai dengan gubahan sang komponis.
Di Italia, negeri yang muncul kemajuannya
pada zaman ini, seni opera sangatlah berkembang dengan pesat. Scarlatti (1659 –
1725) merupakan komponis yang turut mengembangkan seni opera khususnya di kota Napoli.
Di Jerman, seni orgel sangat memuncak pada
zaman ini karena kiprah dari sang maestro Johann Sebastian Bach. Selain
mengadaptasi dari seni opera, Alkitab juga menjadi sumber dari karya-karyanya.
Lain halnya di negeri Perancis, instrumen clavesimbal maju dengan pesat dan
menjadi pusat perhatian musik di Perancis, para punggawa yang terkenal
diantaranya Couperin (1668 – 1733) dan Ramaeau (1683 – 1764).
ezon7.blogspot.com
ezon7.blogspot.com
Sepertinya Zaman Barok dan Rokoko
meninggalkan nama-nama master yang tetap tersohor hingga saat ini. Dua nama
yang melegenda dari zaman ini adalah Johann Sebastian Bach dan Georg Friederich
Haendel.
Johann
Sebastian Bach
(1685 – 1750)
Keluarga Bach memberikan keturunan yang
menjadi pemusi-pemusik ulung selama dua abad lamanya. J.S.Bach mengawali
kariernya sebagai organis di istana Weimar, Bach
tinggal di kota Weimar
semenjak tahun 1708 dan tinggal selama sembilan tahun lamanya.
Johann Sebastian Bach (1685 – 1750) |
Ada tiga periode ciptaan Bach, karya pada
awal periode pertama adalah satu kumpulan besar ciptaan orgel. Pada tahun 1717
ia diangkat menjadi kapelmaster oleh Pangeran Leopold dari Anhalt Koten. Pada
zaman ini Bach banyak sekali menciptakan ciptaan instrumental, termasuk semua
Brandenburg concerto. Periode ciptaan ketiga dimulai pada tahun 1723 saat dia
menjadi cantor di gereja Thomas di Leipzig. Dia menciptakan musik koral untuk
kotbah gereja, motet, kantata, passi dan mis b kecil. Menjelang akhir hayatnya,
dia buta dan meninggal di kota Leipzig
pada tahun 1750.
Musik karya Bach antara lain: 6 Brandenburg
concerto, Italienisches Konzert piano tunggal, 13 orchestra piano concerto,
violin concerto E besar dan a kecil, Concerto untuk violin dengan orkestra, Mis
b kecil Fantasia orgel g kecil, Tokkata d kecil, Prelude b kecil, Passi
Johannes dan Passi Matheus, Chromatische Fantasie und Fuge dan Goldberg
Variationen fur piano, 48 Prelude dan Fuga dalam dua album Das Wolthemperirte
Clavier, 6 Sonata violin, 6 sonata violin dengan piano, 6 sonata tunggal untuk
cello, 4 suit orkestral, 6 suit Inggris, 6 suit Perancis.
Georg
Friederich Haendel
(1685 – 1759)
Haendel lahir di Halle tahun 1685. sebelum
dia mendapatkan pekerjaan sebagai organis di kota kelahirannya, ia terlebih dahulu
bersekolah di Zachau. Pada tahun 1703, Haendel pindah ke Hamburg dan menjadi
anggota orkes opera. Tahun 1706, dia meninggalkan kota Hamburg untuk mengengembara di dataran Eropa
selama tiga tahun.
Georg
Friederich Haendel
(1685 – 1759)
|
Pada tahun 1710, dia diangkat sebagai
Kapelmaster di Hannover. Setahun kemudian ia berkunjung ke Inggris, lalu pada
tahun 1712 ia pergi ke Inggris lagi dan seterusnya tinggal disana. Di Inggris,
Haendel dipandang sebagai ahli musik dan komposer besar serta berpengaruh
besar. ezon7.blogspot.com
Di Inggris, Haendel berpindah aliran dari
komposisi opera menjadi komposisi oratoria. Haendel meninggal di London pada
tahun 1759, dimakamkan di Westminster Abbey.
Ciptaan-ciptaannya antara lain: 12 konserto
grosso, oratorio Messias, Josua, Salomo, Samson, Judas Makkabeus, Haman &
Mordekai, orkestral: Royal Fireworks Music, Water Music.
Sejarah Musik Dunia Bagian III (Zaman Klasik)
Aloha sobat ezon7 yang dengan sabar ati nungguin kelanjutan posting Sejarah Musik Dunia. Tenang aja sob, saya nggak lupa kok. :D hehee. Okelah, langsung aja nih saya lanjutin tulisan sejarah musik dunianya. Kali ini kita sampai di zaman Klasik, mau tau seperti apa? Baca aja terus.Oh iya, buat sobat sekalian yang belum baca bagian sebelumnya silahkan baca disini:
Sejarah Musik Dunia Bagian I (Zaman Prasejarah - Zaman Pra Modern)
Sejarah Musik Dunia Bagian II (Abad Pertengahan - Zaman Barok dan Rokoko)
8. Zaman Klasik
Zaman ini dimulai pada tahun 1750, sepeninggal Bach seorang kontrapuntik
unggul serta Haendel yang karya-karyanya tak lekang oleh zaman. Zaman
antara Bach dan Beethoven ini disebut zaman klasik, yang juga merupakan
zaman peralihan menuju zaman Romantik.
Karakteristik yang timbul pada zaman ini, adalah:
- Pemakaian crescendo dan decrescendo. Yaitu peralihan dinamik dari pelan menjadi keras, dan dari keras menjadi kian pelan.
- Penggunaan accelerando dan ritardando, yaitu mempercepat tempo atau mengurangi tempo.
- Pembatasan penggunaan hiasan ornamentik.
Komponis-komponis utama pada zaman ini adalah : Stamitz, Haydn dan Mozart.
Sedangkan Beethoven yang biasanya masuk di zaman ini, akan dimasukan di
zaman romantik karena Beethoven merupakan komponis aliran Romantik yang
pertama.
Johann Stamitz
(1717 – 1757)
Gambar Sketsa Johann Stamitz (1717 – 1757) |
Stamitz dikenal sebagai pelopor aliran Mannheimer dari zaman ini. Aliran
Mannheimer sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan musik instrumental.
Stamitz yang menjabatsebagai kapelmaster di Mannheim ini adalah
pembangun dan pembina gaya simfoni klasik.
Karyanya yang terkenal antara lain : 10 trio, 10 violin concerto, 1 Mis dan 50 Simphoni.
Franz Joseph Haydn
(1 April 1732 – 31 Mei 1809)
Lukisan Wajah Franz Joseph Haydn (1 April 1732 – 31 Mei 1809) |
Semasa remaja, Haydn yang lahirkan di Rohrau 1732 ini menjadi anggota
koor gereja San Stefan. Namun ia didepak karena perubahan suaranya pada
umur 17 tahun. Dia menjadi kapelmaster di istana Morzin, selanjutnya
menjadi kapelmaster di istana Eszterhazy di kota Eisenstadt. Eszterhazy
merupakan wilayah yang sulit dijangkau, terisolasi dari pengaruh
musisi-musisi luar. Selama 25 tahun berturut-turut hingga menjelang
akhir hayatnya, dia menduduki jabatan ini, memimpin orkestra dan
mengarang musik.
Pada tahun 1791 dan 1794 Haydn mengunjungi Inggris. Dia memperoleh
sukses yang besar di Inggris, oleh karena itu, setibanya di Austria dia
diakui sebagai komponis Austria yang paling ulung.
Haydn meninggal tahun 1809 di Wina. Dia juga dikenal sebagai bapak orkes
dan kwartet gesek, yang mewujudkan bentuk orkes dan kwartet seperti
yang kita kenal sekarang. ezon7.blogspot.com
Ciptaannya yang terkenal antara lain: 83 Kwartet, oratorio: Die
Schopfung dan Die Jahreszeiten, lebih dari 100 simfoni, cello concerto,
sonata piano, trio piano, 24 opera.
Wolfgang Amadeus Mozart
(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791)
Lukisan foto diri Wolfgang Amadeus Mozart (27 Januari 1756 – 5 Desember 1791) |
Mozart, si anak ajaib, lahir di Salzburg. Dunia mengenalnya sebagai
komponis brilian yang jenius. Pada saat anak-anak, musisi brilian yang
memiliki nama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ini
sudah tampil di konser piano. Pada umur empat tahun, Mozart sudah mampu
memainkan harpsichord dan melakukan improvisasi pada karya-karya musik
pendahulunya. Setahun kemudian, dia sudah mampu menulis komposisi
pertamanya.
Pada umur 6 tahun ia melakukan tur ke seluruh Eropa, dengan inisiatif
Leopold, ayahnya, yang ingin memamerkan Mozart serta Nannerl kakak
perempuan Mozart. Saat melakukan tur di Italia, Mozart ke gereja dan
mendengar musik Miserere karya Allegri. Hanya dengan sekali dengar saja,
Mozart kecil mampu menuliskannya di luar kepala setelah dia pulang.
Lebih hebatnya lagi, tidak ada satupun yang salah. Kemampuan ini biasa
disebut tala mutlak. Mozart kecil juga mendapat pesanan membuat
komposisi opera.
Mozart Kecil |
Tur keliling Eropa inipun menuai sukses yang luar biasa. Raja-raja Eropa
juga memanggil Muzart dan Nannerl kakaknya untuk berunjuk gigi di
hadapan mereka, termasuk Raja Bayern di Munchen, Ratu Maria Theresia.
Disamping itu Mozart juga mendapat ujian dengan mata yang ditutupi kain
untuk mengimprovisasi tema-tema yang diberikan.
Mozart juga mendapat kesempatan untuk bertemu dan main bersama Johann
Christian Bach, anak dari Johann Sebastian Bach di London. Lau mereka
memainkan piano sonata empat tangan dalam satu piano. Saat bermain
bersama itu, Mozart kecil dipangku oleh Johann Christian Bach atau yang
sering dipanggil English Bach.
Setelah masa kanak-kanaknya lewat, Uskup kota Salzburg mengangkatnya
menjadi komponis dan virtuos. Lalu pada tahun 1781 ia pindah ke kota
Wina, tempat dimana karya-karya besarnya lahir. Tercatat ada sekitar 700
karya-karya dari Mozart.
Mozart yang mendulang sukses besar ini, ternyata hidupnya sangat
sengsara dan miskin menjelang akhir hayatnya. Dia meninggal dengan
begitu sengsara dan dimakamkan di pemakaman fakir miskin. Meski begitu,
penyebab kematiannya masih menyimpan misteri, bahkan kuburan Mozart-pun
tidak diketahui letaknya.
Karya-karyanya yang terkenal antara lain: Requiem Kochel 626, satu mis, piano concerto, konser piano duet, violin concerto, opera Don Giovanni, Le Nozze di Figaro, Die Zauberflote, sonata-sonata piano, sonata viol, kwartet dan sekitar 40 simfoni, kwintet klarinet, kwintet gesek, kwintet biola alto
SOCIALIZE IT →